Kamis, 07 Januari 2010

My Family is My Soul !

Uaaah… Kangen banget ama Balikpapan, kotaku tercinta... “Balikpapan kubangun, kujaga, kubela” .

Baru beberapa bulan aku ninggalin kota itu, aku udah lupa kotanya kayak mana... Ini bisa dibuktikan dengan pembicaraan yang tidak sengaja terjadi beberapa malam yang lalu dengan sang Ayah tercinta :


Aku : Nanti bapak mau beli voucher *** GPRS dimana ?

Bapak : Di BP (Balikpapan Permai) aja, mbak.. Kalo di toko kecil, biasanya ga njual...

Aku : Di BP ?? Emang ada toko pulsa, ya, disana ? Emangnya di toko langganan kita yang di Dam tu ga njual ? (perhatian, Dam disini bukan suatu bendungan, tapi merupakan nama daerah... Sejenis kayak Kentungan / Kaliurang / Gejayan di Jogja)

Bapak : Ga tau juga (kebiasaan sang Ayah tercinta, berkesimpulan sebelum mencoba. Tapi aku tetap cinta Ayaaah :D ) Di toko gede ada.. Yang tempat jualan hape itu, lhoo..

Aku : Ah... Aku udah lupa BP tu kayak mana, pak... Hihii..

Bapak : Daaaaaggh.... (kebiasaan sang Ayah tercinta (lagi). Kata “Daaagh” disini bisa diartikan sebagai “Hahaha.. Luweh luweeeh ( ini bahasa Jogja yang artinya “Sembarang kamu deh, Nak.. Bapak nda dengaaar..”))
Aku kangen rumah juga... Kangen ama bapak, ibu, dan adekku satu – satunya. Kalo inget bapakku, Pak Anang H.S. (Hahahaa..) yang terpikirkan adalah :

Thanks buat sang Ayah tercinta yang udah menularkan sifat suka beres2nya ke aku... Padahal dulu aku di rumah tu paling males beres2 rumah.. Tapi pas udah hidup sendiri, kerjaanku setiap hari yaa beres2in kamar kostku juga. Pokoknya ndak tahan liat hal yang kotor / berantakan. Sangat “Bapak” sekali ! Sifat lain beliau yang (sepertinya) ditularkan lagi kepadaku tu kayaknya .... Sifat menyayangi barang kayak motor,, sifat suka tidur,, sifat suka nyari kerjaan / sok sibuk,, sifat sabarnya yang luarrr biasa,, dan sifat lain yang tidak bisa kusebutkan disini karena keterbatasan ruang (beeeh...kayak “ucapan terima kasih”nya pengarang novel2 yang kubaca)”

 Nah, kalo inget bundaku tersayang yang gaul gituu (hahahaa), Ibu Amini (yang memang mini untuk ukuran ibu – ibu), yang terpikirkan adalah :

  1. Kalo kita berdua lagi di rumah, pasti nonton acara gosip bareng2 sambil saling berkomentar... Contoh komentar yang biasanya kami lontarkan, “Yaaah... Ceweknya cantik, tapi kenapa kebanyakan pacarnya jelek2 ?” atau “Hahaha.. Ini lagi promosi produk, Bu / Mbak Ida (ini panggilan buatku kalo di rumah). Ganti channel aja !” 
  2. Mau ngucapin terima kasih jugaaa karena udah menularkan sifat suka menata ruangan kepadakuu... Sampe sekarang, setiap hari aku selalu memikirkan gimana caranya biar kamarku bisa terlihat rapi, luas, ga sumpek, dan penataannya sesuai.. Ayo Bu ke Jogja, cek kamarku, udah oke apa belum ?? 
  3. Sifat lain yang ditularkannya kepadaku : Sifat berjuang dulu alias nabung kalo mau beli barang (jadi ga minta2 ama Bapak),, sifat mucil / bandelnya yang suka melakukan sesuatu tanpa izin, trus setelah kegiatannya itu selesai, beliau baru cerita ama Bapak... Hahaha, aku berhasil mempraktikkannya pas nge-smoothing rambut... Pas rambutku udah di – smoothing, aku baru ngasi tau Bapak ama Ibu... Hehhe ;-) yang penting, kegiatannya itu positif, koq. 
  4. Sifat suka ketawanya, dan kalo ketawa tu ngakak. Aku pertama kali denger ibu ketawa ngakak tu pas nonton Opera Van Java. Ini bener2 nular banget ke aku, deh ! Sampe2 aku selalu diinget temen karena ketawaku yang ga-cewek-banget :D 
  5. Sifat utamanya ibu yang dari dulu pengeeen banget kutiru tu : SUPEL. Beliau tu gampang banget nyari temen. Aku pengeeen :-( beliau temennya banyak, beliau suka bercanda, beliau enak diajak ngobrol, banyak yang suka ama beliau. Aku udah nanya gimana caranya, tapi susah dipraktikkan karena terbentur dengan sifat pemalu / takut yang diwariskan oleh sang Ayah tercinta... Haduh, Ibu yang supel dan Bapak yang pemalu... Aku memiliki perpaduan dua sifat ini.. Kalo sifat Ibu lagi dominan, aku bisa gampang nyari temen. Tapi kalo sifat Bapak lagi kambuh, yaaah... ya sudah, takut buat ber say-hello duluan...

Sekarang, kalo aku inget adekku yang bernama Muhammad Ridwan, panggilannya Ririd (nama cewek bangeeet !! ;p ) , yang terpikirkan pertama kali adalah NGERJAIN DIA, NGISENGIN DIA !! Selain itu :

  1. Aku selalu suka ngolokin dia kayak gini, “Dek ririd bau.. Dek ririd jelek.. dek ririd hawek (ini kata buatan adekku yang sebenernya kita berdua ga tau artinya... Pokoknya artinya jelek aja lah) ... Enakan jadi cewek, cowok tu ga enaaak...” Selalu ada kepuasan tersendiri kalo berhasil buat dia marah ato ngadu ama Ibu / Bapak :D 
  2. Kalo aku pulang, pasti rebutan ngenet. Dan pastilah aku yang menang, soalnya Bapak membelaku dengan kata2 manjur yang diucapkan ke adekku, “Mbak Ida cuma sebentar disini.” Lagaida Likes This, Dad ! ;) Kalo mbayar Speedy-nya membludak, aku suka ngerjain adekku, suka nyalahin dia, “Kamu sih main internet ga tau waktu... Kan kasian bapak. Nanti kalo speedy-nya dicabut, kapok kamu!” Kalo sudah gitu, dia ngomel – ngomel sendiri... Hahaha,, 
  3. Kita suka rebutan nonton. Dia pengen nonton Cartoon Network ato Animax, aku pengen nonton MTV ato HBO. Tapi kita kompak kalo nonton Doraemon Petualangan, Yu Yu Hakusho, ato Laptop si Unyil. 
  4. Kalo aku udah bikin dia sebel banget, dia ngomel kayak gini, “Mbak, kamu kapan ke Jogja lagi, sih ? Sana cepetan balik ! Aku jadi menderita kalo kamu di rumah!” Mantaaap !! Aku pasti ketawa ngakak kalo denger dia ngomong gitu... Mission accomplished !
Yah, intinya sih ngerjain adek, yaa.. hehehe,, tapi ini udah hal lumrah, tho ? ;p kalian yang berstatus “kakak”, pasti sebagian besar juga bertindak sama seperti aku, kaaan ?? (Hayo ngaku aja.. Itu adalah hak kakak, koq :D ) Kata2 favorit yang sering aku bilang ke dia mengenai enaknya menjadi seorang kakak, “Ga enak kan jadi adek ?! Makanya jangan lelet.. Lahir aja lelet, jadinya aku duluan yang lahir,, coba kamu duluan yang lahir, kan kamu yang sekarang jadi kakak.”

Tapi biarpun aku paraaah banget ngerjain adekku, aku tetep sayang banget koq ama dia =D hehehe.. (Tapi jangan sampe adekku baca.. Aku maluuu ;p)

Tunggu kepulanganku bulan Februari ini, orang2 rumah !! :-) (kalo jadi... heheee). Pengen deh buat surprise, yaitu aku pulang diem – diem, tiba – tiba aku udah di depan rumah, ngetok – ngetok pagar, dan pas dibuka ama Bapak / Ibu, jeng jeng jeeeeng... Aku udah di depan rumah dengan cengiran andalanku sambil nenteng koper... Hwaaa, gimana yaa ekspresi kaliaaan ? Pasti Ibu heboh, deeh.... (kayak aku yang suka heboh sendiri ;p aaah...Aku memang anaknya Ibu =D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar